RSS

Laporan reportasi pembangunan kabupaten Banjar Kalimantan Selatan

REPORTASI PEMBANGUNAN KABUPATEN BANJAR
Materi yang di bahas :
Keberhasilan pemerintah dalam melakukan Pembangunan Kab. Banjar dalam berbagai bidang serta mendapatkan penghargaan piala Adipura.
Dalam rangka hari jadi Kabupaten Banjar yang ke-64 dan hari jadi Republik Indonesia yang ke-69 seluruh siswa dan siswi melakukan kunjungan ke stand stand pameran pembangunan.




Nama : Julia Fitriani
Kelas : IX-H
Sekolah : SMP Negeri 4 Martapura


Kegiatan Siswa dalam menonton pameran :
BUATLAH TULISAN SEBANYAK 1 HALAMAN FOLIO DI KETIK RAPI, SEBAGAI HASIL DARI
KUNJUNGAN KE STAND PAMERAN PEMBANGUNAN DALAM RANGKA HARI JADI KABUPATEN
BANJAR,MULAI TANGGAL 14-17 AGUSTUS 2014 DENGAN TEMA “KEBERHASILAN
PEMBANGUNAN KABUPATEN BANJAR”

Judul : REPORTASI KEBERHASILAN PEMBANGUNAN KABUPATEN BANJAR
1.     Pendahuluan :
Sabtu, 16 Agustus 2014 seluruh siswa dan siswi di sekolah kami di minta melakukankunjungan ke stand pada pameran pembangunan dalam rangka hari jadi kabupaten Banjar ke-64 dan hari jadi Republik Indonesia ke-69 yang bertemakan “Kita wujudkan kabupaten banjar sebagai kota hijau yang sejahtera dan islami”. Pada kegiatan kunjungan hari ini beberapa stand yang saya kunjungi dan saya mulai tertarik dengan stand-stand yang ada di pameran,stand yang menampilkan dan memamerkan piala Adipura adalah stand yang pertama kali saya kunjungi hari ini.

2.     Materi Pameran :
Ada berbagai macam materi pameran malam ini yang saya kunjung hanya beberapa stand ini saja,diantara nya :
-Pameran Pembangunan Tanaman Hias
Di stand ini di pamerkan berbagai macam tanaman hias,bahkan beberapa jenis tanaman yang ada di taman-taman daerah Kab.Banjar,juga di beritau tentang tanaman apa saja yang ada di taman-taman Kab.Banjar,diantaranya ;
-Kembang Kertas (Benincosa Hispida)
-Eforbia (Euphorbia pulcherrima)
-Krokot (Portulaca Olerasea)
-Melati Jakarta (Jasminum Sambac)
-Bunga Sepatu (Hibiscus rosa-sinensis)
-Nusa Indah (Mussaenda pubescens)
-Asoka (Saraca Asoca)
-Kenikir (Cosmos candatus)
-Puring (Codiaeum variegatum)
-Lidah Mertua (Sanseviera trifasciata)
-Tapak Dara (Vinca Rosea)
-Taiwan beauty (Cuphea hyssopifolia)
-Bunga kupu-kupu (Bauhinia purpurea)
-Blego (Behincosa Hispida).
Dan masih banyak lagi kurang lebih ada 26 jenis tanaman yang terdapat di taman-taman Kabupaten Banjar,tentu saja tanaman ini berperan besar bagi sukses nya Kab.Banjar yang telah menerima piala Adipura itu sungguh suatu penghargaan yang luar biasa,karena artinya Kab.Banjar telah sukses dalam hal pembangunan kota yang hijau,tetapi tentu saja perlu lebih ditingkatkan agar bisa menjadi piala Adipura tingkat Internasional.
-Pameran Pembangunan meningkatkan kualitas kehidupan (air minum)
Save WATERSave LIFEand Save the WORLD

 
 




Keterbatasan Air bersih sudah menjadi trending topic di berbagai kalangan,namun cara mengatasi masih di perbicarakan juga, sekarang ada yang namanya Seksi Pengembangan Air Minum loh!,apa sih Seksi Pengembangan Air Minum itu? Seksi Pengembangan Air Minum merupakan salah satu bagian dari bidang air minum dan penyehatan lingkungan yang kegiatannya membantu Dinas Perumahan dan Permukiman Kab.Banjar dalam mewujudkan visi & misi-nya. Mungkin bahkan sebagian orang belum mengetahui apa itu air yang baik di konsumsi? Sebenarnya air yang baik di konsumsi adalah air yang tidak berwarna,tidak berasa,tidak berbau,bebas senyawa kimia,logam berat,serta tidak mengandung virus maupun bakteri yang dapat menyebabkan gangguan pada fungsi tubuh sedangkan dari pihak pemerintah,definisi air minum adalah air yang telah melalui proses pengolahan, atau tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum.
-Pameran Pembangunan gemar membaca (Perpustakaan)
Pameran ini pun ikut serta berperan penting bagi anak-anak muda zaman sekarang,karena buku adalah jendela dunia,dan hanya dengan membaca lah kita dapat mengetahui nya,tingkat gemar membaca anak muda zaman sekarang sudah mulai menurun,anak muda zaman sekarang lebih suka memainkan gadget nya,dan melupakan buku-buku mereka. Sekalipun mereka membaca itu adalah novel,namun itu juga berpengaruh jika anak tersebut mengambil sisi negatif tentu saja itu tidak bagus,jadi kesimpulannya kembali lagi ke si pembaca tersebut.
-Pameran Pembangunan Pelaksanaan O&P SDP (Operasi & Pemeliharaan Saluran Drainase Perkotaan)
sampah yang memenuhi permukaan saluran,mempercepat sedimentasi dan menurunkan kapasitas saluran sehingga saluran yang sebenarnya sangat berperan penting bagi masyarakat kini rusak,dan banyak sekali dampak negatif nya.
3.     Kesimpulan
Kita semua di wajibkan untuk menjaga kebersihan lingkungan,serta menjaga kualitas air karena persediaan air di dunia sudah mulai menipis. Kegiatan gemar membaca yang harus di tingkat kan agar kita menjadi lebih tau dan tidak ketinggalan zaman,kalau kata anak zaman sekarang itu kudet,gemar membaca pun ikut serta berperan penting pada Kab.Banjar yang mendapatkan piala Adipura karena membaca lah kita bisa tau bagaimana cara membuat kerajinan tangan dari limbah dan tanaman yang tidak bisa di gunakan/dimakan sekalipun. Pelaksaan O&P SDP yang merupakan operasi dan pemeliharaan saluran drainase perkotaan agar kota lebih terlihat indah serta rapi serta terlihat sehat dan juga segar. Yang telah di sebutkan di atas adalah merupakan faktor utama serta faktor pendukung tercipta nya masyarakat kreaktiv, sehat, dan tercipta nya Kab.Banjar yang indah dan tentu saja sehat.

Sekian dari saya

-Terimakasih-



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar