RSS

Perang Dunia II

1.   Jalannya Perang Dunia II
a.       Front Barat
Di bagian barat,Jerman di bawah Ludendorff berhasil mengalahkan musuh musuhnya dan Belgia diduduki. Pasukan Jerman terus bergerak maju sampai jarak 30km dari Paris, tetapi Prancis segera menghadapinya. Tentara Prancis di bwah Joffre berhasil memukul tentara Jerman di dekat sungai Marne. Jerman mundur dan bertahan di sepanjang parit sehingga terjadilah Perang Parit di dekat Verdum. Perang itu memakan banyak korban. Namun,akhirnya pasukan Prancis di bawah Marsekal Foch dan di dukung oleh pasukan Inggris di bawah Jemderal Allenby dapat memukul mundur Jerman. Kemenangan tentara Prancis ini juga karena di bantu oleh kekuatan tentara Amerika Serikat di bawa
h John  J. Pershing.
b.      Front Timur
Di bagian timur Jerman berperang dg Rusia. Pasukan Rusia berhasil maju sampai ke Prusia Timur. Namun,Jerman di bawah Hindenburg dan Ludendorff berhasil memukul mundur pasukan Rusia di dekat Masuri. Akibat kekalahan ini, Rusia. Terpaksa mengadakan perjanjian dengan Jerman di Brest-Litovsk. Kekalahan Rusia ini ternyata telah mengecewakan rakyat Rusia. Hal pulalah yang ikut mendorong terjadinya Revolusi Komunis tahun 1917 di Rusia dan mengakibatkan jatuhnya Tsar Nicolas III.
c.       Front Selatan
Di bagian selatan (front Italia) meletus pula perang antara pihak Sentral dan Sekutu. Semula Italia memang menjadi sahabat Tripple Alliance. Akan tetapi, tahun 1917 Italia memihak tentara Sekutu. Hal itu di sebabkan Italia mengharap daoat menguasai daerah-daerah yang di duduki Austria. Namun,dalam perang ini Italia seringkali menderita kekalahan.
d.      Front Tenggara (Front balkan)
Di daerah Semenanjung Balkan berkobar perang. Jerman di bawah Vo Mackensen berhasil mengalahkan musuh-musuhnya termasuk Serbia dan Rusia. Kemudian datang bantuan dari tentara Inggris,tetapi mereka juga dapat di pukul mundur oleh tentara Turki, sekutu jerman.
e.      Pertempuran laut
Selain Front Barat,timur,selatan,dan ternggara juga terjadi pertempuran laut. Inggris melakukan blokade terhadap jerman. Akibatnya, Jerman kesulitan mendapatkan bahan makanan. Kemudian Jerman mengumumkan Perang kapal selam tak terbatas dan terjadilah pertempuran laut di dekat Denmark. Di bawah pimpinan Laksamana Von Trepith , angkatan laut Jerman menerjang musuh-musuhnya. Angkatan perang Inggris di bawah Laksamana Jogn Jellicoe mencoba menghadapinya. Namun,kekuatan pasukan kapal selam Jerman cukup tangguh. Bahkan,kapal Lusitania milik AS berhasil di tenggelamkan. Oleh karena itulah,AS juga menyatakan perang melawan Jerman.
       

2. Proses Akhir Perang Dunia II
Begitu Uni Soviet ikut berperang dalam penaklukan Jerman, Italia, dan Jepang hanya masalah waktu. Sejak wal tahun 1943 angkatan bersenjata Merah Soviet memukul mundur Jerman dari tapal batas mereka dan mengiringinya masuk Berlin. Tahun 1942 angkatan laut AS memenangkan beberapa pertempuran di Fasifik. Tentara AS kembali mengambil kekuasaan Fasifik yang diambil Jepang. Bulan November tahun 1942 Inggris menaklukan Jerman dan Italia di El Alamien di Afrika utara. Tahun 1943 tentara sekutu menyeberangi laut tengah untuk menyerbu Italia. Juni 1944 tibalah ‘garis depan kedua’ yang di tunggu tunggu : penyerbuan Prancis utara oleh Inggris dan Amerikampada hari penentuan “D’Day”
Jerman berada dalam tekanan dari timut,barat,dan selatan. Secara perlahan pasukan Jerman di pukul mundur ke Berlin, pada bulan Mei 1945 Jerman menyerah.
Jepang menyerah di bulan Agustus sesudah pesawat Amerika menjatuhkan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki. Bom pertama menghancurkan lebih dari 13km2 kota Hiroshima dan membunuh hampir 80.000 orang.
Tahun 1945 dunia dalam keadaan menyedihkan kota Eropa berada dalam puing-puing. Jepang di porak poranda kan oleh bombom api dan 2 bom atom. Jerman terbagi menjadi dua ; Jerman Barat di duduki oleh tentara sekutu (AS,Perancis,dll) sementara Jerman timur di duduki oleh Rusia. Dari sini terlihat bahwa perbedaan telah timbul dari pihak sekutu dan soviet. Namun,diluar itu setiap orang bersyukur akan datangnya perdamaian dunia,negara negera telah membenahi dirinya sendiri,walau memerlukan waktu yang panjang.

3. Sebab kekalahan blok sentral terhadap Sekutu
Di sebabkan oleh :
-          Blok Sentral tidak di tunjang oleh sumber sumber kekayaan alam yang mencukupi kebutuhan perang.
-          Jumlah anggota blok sekutu lebih banyak. Masuknya Rusia ke dalam blok sekutu memperkuat blok tsb.
-          Sekutu memiliki daerah jajahan yang dapat menunjang kebutuhan perang
-          Blok sekutu memiliki keunggulan teknologi persenjataan daripada Blok Sentral








4. Perjanjian Yang Mengakhiri Perang Dunia II
a.       Perjanjian Potsdam pada Agustus 1945 yang di hadiri Truman (Amerika Serikat), Stalin (Rusia), dan Winston Chrucill (Inggris) untuk menentukan nasib Jerman.
Berikut perjanjian Potsdam :
-          Jerman di bagi menjadi dua daerah pendudukan. Jerman timur di duduki Rusia, dan Jerman Barat di duduki oleh Amerika Serikat,dan Prancis.
-          Kota Berlin di Jerman Timur di bagi menjadi empat wilayah pendudukan. Berlin timur di kuasai Rusia,sedangkan Berlin barat di duduki Amerika Serikat,Inggris,dan Perancis.
-          Jerman harus mengurangi angkatan perang nya.
-          Pengadilan bagi penjahat perang
-          Jerman harus membayar ganti rugi perang
-          Danzig dan daerah Jerman sebelah timur sungai Oder dan Niesse di berikan kepada Polandia,
b.      Perjanjian antara Sekutu dengan Jepang, di sahkan di San Fransisco pada tanggal 08 September 1945,sebagai berikut :
-          Untuk sementara,kepulauan Jepang di pemerintah oleh tentara pendudukan Amerika Serikat.
-          Pulau Kurile dan Shakalin di serahkan kepada Rusia
-          Manchuria dan Taiwan di serahkan kepada Tiongkok
-          Pengadilan terhadap penjahat perang
-          Jepang di haruskan membayar kerugian perang
c.       Perjanjian di Paris (1947) menentukan nasib Italia,adalah sbb :
-          Daerah Italia di persempit
-          Triest menjadi daerah merdeka di bawah pemerintah PBB.
-          Ethiopia dan Albania bebas dari kekuasaan Italia.
-          Semua jajahan Italia di Afrika Utara di ambil oleh Inggris.

-          Italia harus membayar kerugian perang.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar